Cara Booting USB MULTIBOOT Pada Bios Yang Tidak Support

Pada komputer lawas biasanya belum mendukung untuk booting menggunakan media flashdisk, media yang di gunakan masih menggunakan CD/DVD. Tapi kita bisa sedikit mengakalinya dengan trik di bawah ini.

Cara Pertama :

Catatan : Dalam petunjuk ini, kita telah mempunyai komputer yang sudah ada sistem operasi didalamnya, baik itu Windows Vista/7 ataupun windows 8 yang sudah berjalan.

> Download dan install program EasyBCD dikomputer anda yang tidak mendukung untuk booting dari USB.

> Jalankan program EasyBCD, klik menu Add New Entry


> Dibawah menu Portable/External Media pindah ke tab BIOS Extender. BIOS Extender ini dapat dipakai untuk boot dari Network, CD atau USB walaupun perangkat anda tidak mendukungnya.


> Kemudian masih dibawah tab BIOS Extender, klik tombol Install PLoP untuk menambahkan entri PLoP ke dalam menu boot.


> Jika sukses ada tulisan EasyBCD BIOS Extender added to the boot menu successfully!


Sekarang waktunya untuk menguji Flashdisk USB MULTIBOOT agar bisa menginstall Windows XP/Vista/7/8/10 pada perangkat yang tidak support booting tadi. Colokin Flashdisk ke port usb, lalu restart komputernya.

> Kita akan mendapati entri baru di menu boot yang bernama EasyBCD BIOS Extender. pilih opsi EasyBCD BIOS Extender, lalu tekan tombol enter untuk masuk ke layar opsi selanjutnya.


> Pilih opsi USB untuk memulai booting dari USB MULTIBOOT.


Cara Kedua : Gunakan cara ini jika anda tidak bisa booting ke desktop, alias tidak ada OS didalamnya, dengan catatan komputernya harus ada CD/DVD yang masih bekerja.

> Download PLoP Boot manager dan bakar (burn) file .ISO nya ke CD atau DVD

> Hidupkan Komputer/Laptop/Notebook anda, masukkan CD/DVD tadi ke drive, bootinglah menggunakan CD/DVD (set dahulu booting pertama menggunakan CD/DVD di Bios).

> Colok Flashdisk, setelah komputer berhasil boot dari CD/DVD dengan cd PLoP boot manager yang telah kita buat tadi, selanjutnya dalam beberapa detik akan mendapati layar menu seperti gambar dibawah ini !!


> Kemudian pilih opsi USB, lalu mulailah proses penginstallan dari usb flashdisk seperti biasanya.

Selamat mencoba jika ada kendala bisa komen di bawah ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar artikel yang ada di halaman ini, jangan ragu untuk bertanya. Kirimkan pertanyaan atau saran anda ke kolom komentar di bawah ini !!