Cara Booting USB MULTIBOOT Pada Bios Yang Tidak Support

Cara Booting USB MULTIBOOT Pada Bios Yang Tidak Support

Pada komputer lawas biasanya belum mendukung untuk booting menggunakan media flashdisk, media yang di gunakan masih menggunakan CD/DVD. Tap...
Comment Sabtu, Mei 12, 2018
Pada komputer lawas biasanya belum mendukung untuk booting menggunakan media flashdisk, media yang di gunakan masih menggunakan CD/DVD. Tapi kita bisa sedikit mengakalinya dengan trik di bawah ini.

Cara Pertama :

Catatan : Dalam petunjuk ini, kita telah mempunyai komputer yang sudah ada sistem operasi didalamnya, baik itu Windows Vista/7 ataupun windows 8 yang sudah berjalan.

> Download dan install program EasyBCD dikomputer anda yang tidak mendukung untuk booting dari USB.

> Jalankan program EasyBCD, klik menu Add New Entry


> Dibawah menu Portable/External Media pindah ke tab BIOS Extender. BIOS Extender ini dapat dipakai untuk boot dari Network, CD atau USB walaupun perangkat anda tidak mendukungnya.


> Kemudian masih dibawah tab BIOS Extender, klik tombol Install PLoP untuk menambahkan entri PLoP ke dalam menu boot.


> Jika sukses ada tulisan EasyBCD BIOS Extender added to the boot menu successfully!


Sekarang waktunya untuk menguji Flashdisk USB MULTIBOOT agar bisa menginstall Windows XP/Vista/7/8/10 pada perangkat yang tidak support booting tadi. Colokin Flashdisk ke port usb, lalu restart komputernya.

> Kita akan mendapati entri baru di menu boot yang bernama EasyBCD BIOS Extender. pilih opsi EasyBCD BIOS Extender, lalu tekan tombol enter untuk masuk ke layar opsi selanjutnya.


> Pilih opsi USB untuk memulai booting dari USB MULTIBOOT.


Cara Kedua : Gunakan cara ini jika anda tidak bisa booting ke desktop, alias tidak ada OS didalamnya, dengan catatan komputernya harus ada CD/DVD yang masih bekerja.

> Download PLoP Boot manager dan bakar (burn) file .ISO nya ke CD atau DVD

> Hidupkan Komputer/Laptop/Notebook anda, masukkan CD/DVD tadi ke drive, bootinglah menggunakan CD/DVD (set dahulu booting pertama menggunakan CD/DVD di Bios).

> Colok Flashdisk, setelah komputer berhasil boot dari CD/DVD dengan cd PLoP boot manager yang telah kita buat tadi, selanjutnya dalam beberapa detik akan mendapati layar menu seperti gambar dibawah ini !!


> Kemudian pilih opsi USB, lalu mulailah proses penginstallan dari usb flashdisk seperti biasanya.

Selamat mencoba jika ada kendala bisa komen di bawah ini. :)
Cara Booting USB MULTIBOOT Pada Bios Yang Tidak Support Cara Booting USB MULTIBOOT Pada Bios Yang Tidak SupportArfans8.8stars based on9reviews Pada komputer lawas biasanya belum mendukung untuk booting menggunakan media flashdisk, media yang di gunakan masih menggunakan CD/DVD. Tap...

Posting Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar artikel yang ada di halaman ini, jangan ragu untuk bertanya. Kirimkan pertanyaan atau saran anda ke kolom komentar di bawah ini !!